Sabtu, 23 Juli 2011

gunung ujan

Gue berangkat dari Bandung sesudah salat Isya bareng Opik sebagai driver, Aden, Mahdi dan ceweknya bertiga gue (Sandra), Vita, dan Cici. Kita nyewa Avanza silver buat destinasi liburan kali ini.

Destinasi pertama kita menuju rumah Jawa di Cirebon (nama aslinya sih Chandra Maulana. Gak tahu kenapa dan sejak kapan semua anak kampus manggil dia Jawa. Mungkin logatnya yang medok abiess.

Gue yang gak biasa begadang langsung pelor dehh mungkin kelamaan nunggu si Mahdi. Tadinya kan mau berangkat siang dari Bandung, cuma gara-gara nungguin Haji Mahdi, kita baru bisa berangkat Isya (gubrakkk).

Pas lewatin Cadas Pangeran, gue sempet bangun dan degdegan apalagi anak-anak lagi ngomongin horror. Pas di salah satu belokan, gue liat sepasang nene-nenek ama kakek-kakek lagi berjalan menyusuri Jalan Cadas Pangeran iiirggh serem abiss itu ya malam-malam di tengah hutan dan jurang gituuu.. neneknya pake kebaya merah, gue ga cerita ama anak-anak takutnya mereka kepikiran.

Pas nyampe Cirebon sekitar jam 10 malem kita langsung menuju rumah Jawa. Kita minta izin ama ortunya Jawa biar Jawa bisa ikut maen ke Kuningan ke rumahnya Devi. Malem itu juga kita langsung berangkat ke Kuningan setelah minum sirup tjampolay yang wuidihhh enak dan seger bangetlah. Apalagi udara waktu itu hareudang banget terus kita diajak Jawa makanan khas Cirebon yang namanya nasi jamblang Mamih Fitri.

Kita ketawa-ketawa pas di mobil inget si Jawa manggil “mih, berapa semuanya?” dalam bahasa cirebonan. Pas lewat Balai Kota Cirebon kita foto-foto dulu deh bareng AGC (Anak Gaoel Cirebon).

Sekitar jam 12 malem jalanan udah sepiiiii banget kita tiba di Kuningan. Gue yang sebelumnya pernah maen ke rumah Devi, lupa-lupa inget jalanya heheh kita telepon tuh si Devi. Parahnya si Devi ngasih cluenya kaya gini: lurus terus dari taman kota sampe nemu plang Gua Bunda Maria trus ada gardu yang ada warung 24 jam dan ada tukang ojek.

Gue sih udah bilang dan yakin ama gapura yang menuju rumah Devi. Cuma karena anak-anak dengerin clue nya si Devi kita bolak balik terus nyari jalan yang dimaksud ampe kita nayris nabrak kucing, alhamdulillah kucingnya ga kenapa-kenapa. Dengan nekat anak-anak akhirnya dengerin petunjuk gue ampe akhinya kita tiba di rumahnya Devi.

Nyampe di rumah Devi kita ledekin dia terus, abis gak ada tuh gardu yang dimaksud, gak ada pula warung dan pangkalan ojek 24 jam. Ternyata eh ternyata yang dimaksud gardu itu adalah gapura! Kata Devi warung 24 jam dan pangkalan ojek itu biasanya ada mungkin karena pas malem itu ujan kali ya... rrrr gue kira CK dibangun deket rumah dia hahahah.

Anak-anak ga bisa tidur jadi mereka pada ngobrol dulu di lantai atas. Kalo gue sih langsung tidur di kamar Devi. Pas pagi-pagi si Opik udah riweuh bawa tas katanya pengen liat sunrise di salah satu bukit di perbatasan Kuningan dan Cirebon. Tapi anak-anak cowo belum pada bangun lagian ujan rintik-rintik pula dingin banget. Rumah Devi tuh kaya daerah Lembang deket Gunung Ciremai, gunung paling tinggi di Jawa Barat keren banget lah itu gunung.
Sekitar jam 6 pagi kita nyampe bukit yang pemandangannya indah banget. Kita balik lagi ke rumah Devi dan sarapan yang enak banget bikinan mamahnya Devi. Ada rendang, tumis tempe dan sambel serta buah-buahan yang fresh. Senengnya lagi kakaknya Devi beliin durian 2 biji buat kita-kita. Selang satu jam kita sarapan, itu durian ludes ama kita para cewe hahahah mantepp banget.

Agak siangan kita capcus ke Terminal Cirebon buat jemput Ummul temen kita asal Tegal. Udah ada Ummul kerasa banget kalo mobil jadi kerasa kecil. Bayangin aja di depan ada Opik ama Devi sebgai petunjuk jalan di tengah ada gue, Ummul, Cici, dan Vita. Di belakang sesak banget ama Aden dan Mahdi yang badannya gede mengapit Jawa yang kecil. Kita istirahat dulu di salah satu masjid karena cowo-cowo mau salat Jumat.
Kelar Jumatan kita langsung meluncur ke Cibulan, itu tuh tempatnya ikan dewa. Tiket ke Cibulan murah kok cuma 5.000-an. Di sana kita foto bareng ikan dewa yang kalo bukan ama pawang bakal susah banget ditangkep. Masih di wisata Cibulan ada mata air 7 sumur di sana merupakan tempat petilasan Prabu Siliwangi dan mata air yang dikasih nama macem-macem mulai dari mata air kejayaan, kemulyaan dan seterusnya ampe mata air ketujuh, diantara kita semua.

Cuma gue ama Haji Mahdi yang gak mau cuci muka di setiap mata air karena gue punya kepercayaan sendiri tanpa harus khotbah ke yang lain. Lucunya selama wisata di Cibulan, segalanya “diuangkan” mulai dari foto bersama ikan dewa, masuk ke air keramat tujuh sumur, masuknya kita bayar 10rb, tiap mata air bayar 2ribu. Uniknya setiap mata air ada kotak kecil buat kencleng warna ijo usang kaya di mesjid yang udah diisi ama 10rebu mungkin biar kita nyumbang lebih gede padahal dipancing kaya gmna kita bakal ngasi receh heheheh.. lumayan khan dari mata air pertama ampe ketujuh, uniknya lagi tiap mata air ada penjaganya yang kaya preman-preman pasar (maaf) soalnya gue kurang suka ama penampiloan mereka yang bertato, kumal dan merokok (sayang rambut hihihi).

Keluar dari Cibulan kita berenang di salah satu pemandian air panas di Kuningan. Masuknya cuma 6rebu lumayan lengkap ada perosotannya, tapi gue gak berani naek tuh perosotan naga hahahah soalnya gue pernah trauma dijatuhin temen ampe tangan terkilir.

Pulang berenang kita balik ke rumah Devi buat beres-beres menuju Subang, karena kalo kita ke Tegal dulu, Ummul ga bisa ikut. Malem udah solat Isya kita berangkat ke Subang lewat Pantura itu serem banget si Opik nyetir kaya lagi maen PS aja. Kita sebelahan ama truk-truk gandengan besar banget kaya di final destination 2 lah.

Alhamdulillah kita nyampe Subang di rumahnya Aden. Hawanya panas dan banyak nyamuk hehee. Paginya di Subang kita jalan-jalan bentar lalu makan baso di pasar.

Perjalanan kita lanjutkan ke Tegal, panasss banget dan macet di daerah Brebes, tempat telor asin itulohh. Nyampe di Tegal kita menuju teropong bintang, gue bingung di dataran rendah ada bosscha?? Ternyata teropong bintang yang dimaksud adalah hamparan lapang luas yang kalo malem-malem cerah kita negok ke atas bakal ngeliat bintang hahahah, kita makan kupat belengong di sana, murah dan bebeknya masih muda.

Selesai makan kita menuju rumah Ummul dan maen sepeda ontel di malam hari. Paginya kita menuju pantai alam indah dan pemandian air panas di dataran tinggi Gucci yang sangat sejuk..Hmmm gak kerasa liburan gue harus berakhir, kita nganterin Jawa ke Cirebon lalu pulang ke Bandung